Selasa, 05 April 2016

Pengertian JAVA

BAHASA PEMOGRAMAN JAVA

adalah kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana intruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer. bahasa pemrograman yang berbasis objek bisa disebut objek-oriented model, java biasa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi console, aplikasi desktop, applet sampai ke aplikasi berskala interprise.

JAVA

adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat suatu program sehingga program itu dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.
Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masing bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari oracle dan dirilis tahun 1995.. Bahasa pemrograman java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan dari awal 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak..
Pertemuan proyek berlangsung disebuah gedung perkantoran San Hill Road di Menio Park. sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak  pertama 

Contoh program java sederhana
class hello{
            public static void main (String[] args){
                        String nama="SELAMAT DATANG DI";
                        System.out.println(nama);
                        System.out.println("HIMTI GUNADARMA");



            }
}

Kelebihan
> Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer biasa disebut multiplatform, sehingga pengguna cukup menuliskan sebuah program Java untuk kemudian digunakan pada beberapa sistem operasi komputer yang berbeda. Contohnya: Untuk Hp yang ada Platform Java, Android, Windows, Linux.
> Bahasa pemrograman yang digunakan tidak rumit dan banyak fitur yang dulunya manual telah dikerjakan secara otomatis, jadi memudahkan programer.
> Pemrograman berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris Object Oriented Programming
> Lengkapnya perpustakan (library) yang akan sangat memudahkan pengguna untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
> Bergaya C++ sehingga menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk hijrah ke Java.
> Pengumpulan ‘sampah’ secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Kekurangan
> Slogan java adalah ‘tulis sekali, jalankan di mana saja’, slogan tersebut tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan lancar, karena masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya.
> Mudah didekompilasi, dekompilasi adalah proses membalikan kode jadi menjadi kode sumber.
Hal ini mungkin disebabkan oleh kode yang digunakan pada Java merupkan bytekode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi. Dan akibatnya akan ada orang yang tidak bertanggung jawab memplagiat kode sumber buatan orang lain.
> Pengunaan memori yang banyak, lebih banyak dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang muncul sebelum Java, seperti C/C++ dan Pascal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar