Senin, 10 Oktober 2016

Kegunaan Virtual Reality


   adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user yang dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.


Kelebihan utama dari virtual reality

   Adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari virtual reality, namun juga indra yang lainnya.


Cara Kerja Virtual Reality

   Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melaluiheadset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.


 Kegunaan Virtual Reality 

     1.      Bidang Media dan Hiburan (Game, Simulasi Lingkungan)

  Fungsi dan kegunaan pertama dari Virtual Reality adalah untuk keperluan di bidang media dan hiburan. Bagi Anda pecinta games tentu saja pengalaman bermain game yang semakin nyata akan menjadi idaman. 


      2.      Bidang Medis dan Kedokteran (Anatomi Tubuh Manusia)

   Bermanfaat pada bidang medis dan kedokteran. Dengan adanya perangkat ini dokter akan mampu untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh (simulasi anatomi tubuh manusia). Dari sini organ-organ dalam tubuh akan mampu terlihat lebih nyata.
      
      3.       Bidang Militer (Perang)

  Dalam bidang militer, penggunaan Virtual Reality ini akan mampu membantu para tentara untuk sebuah simulasi perang. Seperti layaknya bermain game Point Blank, para tentara akan mendapatkan pengalaman perang yang lebih nyata dan jelas.
   VR yang mampu menghadirkan tampilan digital lebih nyata untuk lingkungan medan pertempuran dan situasi peperangan yang ada akan membuat para tentara mendapatkan pengalaman yang mengagumkan dan menarik. Dengan cara ini juga akan membuat biaya latihan perang jauh menjadi lebih efisien dan lebih hemat jika dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya.
      4.       Bidang Transportasi (Simulasi Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)

  Latihan menerbangkan pesawat tentu saja akan membuat kita harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun dengan adanya perangkat VR ini maka seseorang yang akan akan melakukan latihan menerbangkan pesawat tak lagi harus mengeluarkan biaya besar untuk sewa pesawat dan bahan bakarnya. Sebab dengan VR Anda bisa mendapatkan pengalaman menerbangkan pesawat yang sangat nyata dan nyaris mendekati kenyataan. Dengan penggunaan VR untuk latihan penerbangan ini Anda juga akan terhindar dari hal-hal yang mengkhawatirkan dalam penerbangan.


5. Bidang Teknik dan Otomotif (Mendesain Mobil)

  Di bidang teknik dan otomotif, VR akan berguna untuk mendesain mobil. Salah satu perusahaan yang telah menggunakan teknologi VR dalam pengembangan mobilnya yaitu Ford. Untuk mengevaluasi bagian luar dan dalam dari mobil-mobil yang belum dibuat ini para desainer mobil Ford ini menggunakan headset jenis Oculus Rift.

 Ketika menggunakan headset itu para desainer akan dapat memperhatikan detil dari mobil. Sementara itu kamera-kamera akan mengikuti gerakan para desainer dan berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk mencocokkan presentasi digital dengan gerakan desainer. 

Alat Teknologi Virtual Realty


1. Oculus Rift 


Alat yang satu ini merupakan cikal bakal VR yang pertama kali dibuat. Oculus Rift ini merupakan alat temuan dari Palmer Luckey berkolaborasi dengan John Carmack yang berhasil menuai kesuksesan besar melalui kampanye di kickstarter. Dari situs crowdfunding tersebut Oculus Rift berhasil menuai kesuksesan dengan mendapatkan US$ 2.5 juta untuk proses pengembangan. Prototype terbaru dari Oculus Rift adalah DK 2. Oculus Rift ini menyajikan fitur baik gaming maupun non gaming. Fitur non gaming tersebut adalah meliputi Oculus cinema, Oculus media social, promosi dan visulaisasi di dunia industri.

2. Samsung Gear VR 

Gadget buatan samsung ini sebenarnya sudah release prototypenya sebanyak 2 kali. Prototypenya bernama inovator 1 dan 2. VR satu ini adalah hasil kerjasama Samsung dengan Oculus. Ada yang unik dari VR yang satu ini, yaitu gadget ini baru bisa berfungsi ketika digabung dengan smartphone samsung. Untuk inovator edisi 2 yang direlease 2015 hanya bisa digunakan dengan samsung S6 dan S6 edge. Mungkin saja pada tahun 2016 Samsung akan merilis Samsung gear VR yang baru dengan berbagai fitur yang lebih canggih

3. Google Cardboard

Inilah VR yang paling murah diantara pesaingnya. VR yang satu ini sangat-sangat unik. Google Cardboard ini terbuat dari kardus. Iya anda gak salah baca, beneran dari kardus. Bentuk alat ini hanya berbentuk kardus dan nantinya akan digabungkan dengan smartphone kita. Disini mereka hanya mengembangkan aplikasi yang menunjang alat ini. Alat ini dibuat oleh peneliti google bernama David Coz dan Damien Henry. Inilah alat yang bisa kita dapatkan secara gratis, tinggal download templatenya dan kita bisa membikinnya sendiri. Wow… Unik sekalikan penggagas.

4. Microsoft Hololens -Virtual Reality Keren-

Microsoft Hololens merupakan bagian dari Windows Holographic. Microsoft Hololens merupakan kacamata super keren yang dilengkapi dengan headset tanpa kabel, dan berisi komputer dengan windows 10. DEsign dari alat ini sungguh elegan. Alat ini berisi sensor yang canggih, menggunakan high-definition stereoscopic 3D optical head-mounted display, dan spatial sound yang membuatnya bisa menampung reality aplications dengan natural user interface yang dapat berinteraksi melalui gerakan mata, suara, dan gestur tangan. Hololens ini sudah lama loh ternyata dikembangkan, cuman pada awalnya cukup dirahasiakan yaitu pada tahun 2007 dengan codename “Project Baraboo,”. Dengan semua fitur kerennya alat ini diperkirakan akan memiliki harga jauh lebih mahal dari video game console.

5. FOVE Eye Tracking VR

FOVE ini baru akan muncul di launching tahun 2016. Alat ini memiliki design yang sangat keren. Kelebihan dari alat ini berada pada headset dan eye tracking nya. Fitur eye tracking ini membuat kita bisa mengarahkan, atau mengincar suatu benda yang ada dalam dunia virtual hanya dengan lirikan mata kita. VR yang satu ini didesain dengan material yang dapat menyesuaikan bentuk kepala yang berbeda-beda sehingga akan lebih nyaman. FOVE telah mememulai melakukan kampanyenya di kickstarter pada tahun 2015 dan telah mendapatkan 1.480 backers dengan total dana $US 480.650.

6. Magic Leap

Bentuk dari alat yang satu ini masih menjadi misteri. Magic Leap berhasil ditemukan oleh Rony Abovitz pada tahun 2010. Perusahaan ini bekerja dengan diam-diam sampai pada tahun 2014 lalu. Setelah mereka mengemukakan sedang melakukan proyek mengenai augmented reality dan computer vision, banyak perusahaan top seperti Google, Qualcomm, Andreessen Horowitz dan Kleiner Perkins memberikan dana kepada proyek ini hingga terkumpul US$ 540 juta untuk pengembangan alat ini. Dengan dana yang sebesar itu rasanya kita sudah tidak sabar menunggu rilisnya alat ini. Alat ini dilengkap dengan 3D komputer yang dapat memancarkan light field ke mata penggunanya sehingga gambar 3D yang ditampilkan akan terasa sangat nyata. Untuk menghasilkan light field tersebut digunakan chip khusus yang bernama silicon photonics.

7. Sony Project Morpheus

Bagi anda para gamers pasti sudah tidak sabar menunggu yang satu ini. Morpheus ini adalah codenama untuk realisasi Playstation VR. VR ini akan dapat dioperasikan dengan PS4 dan PS Vita. Alat ini dilengkapi dengan fitur-fitur display dan sound yang sangat luar biasa. Pada prototype alat ini memiliki spesifikasi layar OLED dengan resolusi 1920×1080 dengan RGB subpixel matrix, dan akan dapat menampilkan konten dengan kecepatan 120 fps. Alat ini juga akan dilengkapi dengan high FOV, 6DOF head-tracking, stereoscopic 3D dan dapat menampilkan tampilan ke TV untuk mengetahui apa yang dilihat oleh pengguna atau untuk berkompetisi dengan pengguna PS4 controller biasa. Dengan kualitas produk Sony kita akan bisa berharap banyak melalui alat ini.


DAFTAR PUSTAKA
https://www.maxmanroe.com/inilah-6-bidang-kegunaan-dari-penggunaan-perangkat-virtual-reality-vr.html
https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
http://www.penggagas.com/7-alat-virtual-reality-yang-akan-mengubah-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar